Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Monday, November 10, 2014

Roti Pisang (Water Roux Method)



Ada kenangan tersendiri ketika membuat roti pisang ini, karena saya teringat kenangan masa kecil ketika membantu nenek saya di Surabaya membuat roti pisang pesanan orang ma syaa Allah 

Ini roti pisang pertama yang saya buat setelah menikah (baru niat dan sempat), menggunakan water roux method resepnya mb Hesti Saifuddin http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2012/02/loaf-bread-water-roux-method.html 
jazaakillaahu khoir mba  Ma syaa Allah rotinya empuk dan lembut, walaupun penampakkannya masih berantakkan, ditambah saya tidak menemukan kuas untuk mengoles kuning telurnya. Ohya ketika saya membuat roti ini, kebetulan ada teman saya ke rumah, beliau mencoba roti ini dan suka, langsung meminta resepnya dan sudah dipraktekkan.. Ohya untuk pisangnya, saya menggunakan pisang raja, yang saya tumis sebentar dengan margarine/butter hingga kecoklatan. Oke, langsung saja resepnya ya..

Bahan Water Roux / Tangzhong Starter
- 100 gr tepung terigu protein tinggi
- 500 ml air

Bahan Roti (A):
- 240 gr water roux starter
- 220 ml air / susu cair (Saya pakai susu cair dingin)
- 110 gr gula pasir
- 10 gr garam 

(B):
- 500 gr tepung terigu protein tinggi
- 200 gr  tepung terigu protein sedang
- 15 gr susu bubuk
- 11 gr ragi instant

(C):
- 60 gr minyak / butter (Saya pakai butter)

Cara membuat:
  1. Water roux: dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Jangan sampai mendidih, sisihkan hingga dingin.
  2. Roti: Tuang semua bahan kering kecuali butter ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux dan air ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan butter lalu mixer hingga elastis. Bisa juga dilanjutkan dengan tangan, agar teksturnya terasa kalau sudah elastis. Jika adonan terlalu kering bisa ditambah air, jika terlalu lembek bisa ditambah tepung.
  3. Tutup dengan cling wrap dan istirahatkan selama 45 menit. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, tergantung akan dibuat berapa roti.--> untuk roti pisang, saya timbang kurleb 50gr, lalu saya bulatkan. Kemudian gilas tipis, beri sayatan pada pinggirnya, letakkan pisang dan kepang. Untuk lebih jelasnya bisa googling yah temans :)
  4. Fermentasikan lagi kurleb 45 menit, tergantung cuaca.Oles dengan telur atau susu evaporated. Panggang dengan suhu 180 derajat. 
Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment