Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Tuesday, February 11, 2014

Pukis Banyumas





Ini kali kedua saya membuat pukis, masyaAllah rasanya uenaaaaak sekali temans, resep saya contek dari mb Rina 'Rinso' Sofiany.. Awalnya tergiur dengan foto beliau, membaca caption foto, akhirnya saya membuka blog mb Rina, wiih resepnya simpel sekali dan sepertinya maknyus. Ternyata setelah saya mencoba membuat, memang benar-benar enaaaaak.. empuuuk, wangiii..  Jazaakillahu khoir mb, sudah berbagi resep mantab..

Saya membuatnya sore menjelang malam, dengan maksud, supaya ketika Uncle Hendra datang, beliau bisa menikmati pukis ini fresh.. Banie excited sekali dan ikutan menuang adonan diatas cetakan pukis..
Alhamdulillah keluarga saya suka sekali..


Ohya, untuk hasil akhir, pukis yang saya buat ini jadi sekitar 40an biji (sesuai loyang yang saya gunakan). Monggo dicoba temans, ndak rugii deh.. Kemudian, ketika mendiamkan adonan jangan terlalu lama (lebih dari 1 jam), saya rasa 45 menit juga bisa temans, karena kalau terlalu lama, adonannya nanti agak asyem

Berikut saya c/p kan resepnya dari blog beliau

Pukis Banyumas
by mb Rina 'Rinso' Sofiany

Bahan :
4 butir telur
300 gr gula pasir
500 gr terigu segitiga
1/2 bungkus ragi instan
1/2 sdt vanili bubuk
Santan 750 ml (aku buat dari 3 bungkus santan instan sunkara yg kecil ditambah air sampai 750 ml) --> Mama bolo-bolo pakai yang 200 ml, ditambar air menjadi 750ml
1/2 sdt garam
3 lembar daun jeruk purut --> Mama bolo-bolo tidak pakai
1/2 kaleng susu kental manis
200 gr blueband
30 gr wijsman
Cara membuat:
1. Rebus santan dengan daun jeruk nipis dan garam sampai mendidih, kemudian diamkan hingga hangat suam-suam kuku dan siap digunakan.
2-3. Kocok telur dan gula hingga mengembang, kemudian masukkan bahan kering (terigu, ragi, dan vanila bubuk) dan santan hangat ke dalam adonan kocokan telur, secara bergantian. Bisa dikocok pelan dengan mikser, tapi karena mikser signora speed 1 aja sudah cepat, jadi cuma aku aduk saja dengan whisk-nya mikser. --> Mama bolo-bolo pake mikser
4. Setelah itu masukkan belueband dan wijsman yang sudah dicairkan. Kemudian diamkan selama 1 jam --> Mama bolo-bolo kurang dari sejam sedikit, karena sudah tidak sabar
5. Setelah 1 jam adonan akan mengembang.
6. Bagia adonan menjadi 2 bagian, salah satunya beri 1 sdm cokelat bubuk. Dan karena cita-citaku membuat pukis yg banyak cokelatnya maka adonan cokelatku jauh lebih banyak daripada yang adonan putihnya (balas dendam dot com hehehe).
7-8. Panaskan cetakan langsung di atas kompor tidak perlu alas. Setelah cukup panas masukkan adonan cokelat kemudian putih hingga 3/4 tinggi cetakan.
9. Tutup cetakan dan biarkan hingga matang.
10. Pukisnya sudah matang
11. Pukis yg masih panas masih lembut dan mudah penyet, jadi sebaiknya letakkan pukis di tempat yg datar supaya bentuknya tetap cantik.
12. Pukis banyumas ala saya sudah siap di santap.

No comments:

Post a Comment