Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Monday, February 10, 2014

Otak-otak


Otak-otak tengiri saya buat ketika awal bulan januari kemarin, mumpung ada adik ipar saya di rumah. Kebetulan di tukang sayur saya menemukan kucai, ada pula ikan tengiri di rumah, jadi deh. Membuatnya cukup mudah, cuma di blender-blender temans, yang ribet cuma membungkusnya, itupun saya masih kurang rapi, hehe.

Resepnya menggunakan resep dari buku bu Sisca Soewitomo, karena saya membuat banyak, jadi takaran yang saya gunakan, tidak sesuai resep dan saya tidak membuat sambal kacangnya juga (malese.. malese.. :D ), jadi saya pakai saos sambal extra pedas ABC 

Berikut resepnya yang saya ketik manual, ndak pake matic, bonus saya ketikkan sambal kacangnya juga :

OTAK-OTAK TENGIRI
Source buku 100 Resep Praktis Makanan Populer untuk Jualan by Ibu Sisca Soewitomo

Bahan:
300 gr ikan tengiri, haluskan
50 gr tepung sagu
50 ml santan kental
2 putih telur
1 sdm garam
1 sdt merica bubuk
2 sdm gula pasir
8 btr bw merah, haluskan
10 batang kucai, iris
Daun pisang secukupnya
Lidi secukupnya

Sambal Kacang:
2 buah cabai merah besar
10 buah cabai rawit merah
150 gr selai kacang
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
3 sdm kecap manis
2 sdm saos tomat
1 sdm cka masak
200 ml air

Cara Membuat:
  1. Daging ikan tengiri halus dicampur dengan tepung sagu dan santan, aduk rata
  2. Masukkan putel, garam, merica, gula pasir dan bw merah, aduk rata. Tambah irisan kucai, aduk rata.
  3. Ambil selembar daun, isi dengan 2 sdm adonan, gulung bentuk lontong, sematkan lidi. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  4. Letakkan otak-otak dan panggang dalam oven panas selama 15 menit hingga matang, angkat --> waduh gawat, kok kayaknya saya baru tahu kalau cuma dipanggang, karena yang saya buat ini, saya kukus dulu, baru panggang hihi
  5. Panggang otak-otak di atas bara api hingga kecoklatan, angkat
  6. Sambal: Campur semua bahan menjadi satu, masak hingga mendidih dan mengental, angkat
  7. Sajikan otak-otak hangat dengan saosnya 
Selamat mencoba! Setelah matang, segera kirim ke Depok ya :)

No comments:

Post a Comment