Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Sunday, February 9, 2014

Mie Bit


Mie bit ini saya buat Minggu 9 feb 2014 siang. Beli bit nya sudah dari beberapa hari sebelumnya, kok ya pas, saya menemukan bit organik di tip-top jl tole iskandar, Depok.

Ketika akan menggiling, dibantu adik ipar saya LinSay (Lina) yang kebetulan sedang libur kuliah dan menginap di Depok. Alhamdulillah selesainya jadi lebih cepat. 

Resepnya masih sama, menggunakan resep mie telur istimewa NCC, tapi saya modifikasi sedikit sesuka hati :D  Alhamdulillah hasilnya enak, warnanya juga lebih grenk daripada mie wortel yang saya buat sebelumnya. Warna ungunya lebih terlihat, karena bit nya digunakan seampas-ampasnya hehe. Mie ini sudah digunakan menjadi mie rebus, omelette mie dan mie goreng. Sekali lagi, Baniemoon juga ikut menggiling, pokoknya super excited!

Berikut resepnya:

Mie Bit
Source by NCC, modified by Mama Bolo-bolo

Bahan:
1 kg terigu cakra
300 gr telur
150 gr bit
2 1/2  sdm garam
1/2 bungkus merica bubuk ladaku
3-5 biji bw putih kating
Tepung sagu untuk taburan

Cara Membuat:
  1. Potong bit kecil-kecil, haluskan dengan chopper, beri sedikiit saja putih telur (diambil dari 300 gr telur), masukkan juga  bw putih. Blender hingga halus. Sisihkan
  2. Siapkan baskom besar, tuang terigu, telur, garam, merica bubuk, bit, aduk rata semua, uleni hingga kalis.
  3. Potong-potong dan Bagi adonan menjadi beberapa bagian (agar memudahkan menggiling), lalu tipiskan dengan tangan atau rolling pin, giling hingga tipis. lakukan pada semua adonan. Beri tepung sagu, potong-potong, timbang (saya 100 gr), bungkus dengan kertas, letakkan dalam toples atau pyrex, lakukan pada sesua sisa aonan, simpan dalam kulkas. Jika akan dimasak, ambil mie secukupnya.
Monggo jika ingin memodifikasi sesuka hati, Selamat mencoba temans, semoga berhasil, dapat menjadi hidangan sehat untuk keluarga! Salam mama bolo-bolo :)

No comments:

Post a Comment