Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Thursday, February 6, 2014

Cinnamon Rolls




Sudah beberapa kali saya membuat cinrols, tapi baru ini saya potret temans.. Resepnya menggunakan resep roti empuk NCC, tapi menurut saya, resep roti empuk ini kurang pas jika dibuat cinrols. Saya sampai membuat beberapa kali namun hasilnya tetap sama, adonan roti melebar ketika dipanggang dan setelah matang alhasil adonannya tidak menggulung rapat. Namun soal rasa, tidak usah diragukan lagi, lembuuut, wangii masyaAllah. Saya sempat bertanya pada teman saya, mba Pipit yang gemar bereksperimen dengan bahan-bahan sehat di dapur, menurut beliau, penyebab adonan ini melebar gulungannya, karena penggunaan butter yang berjumlah 100 gram.

Untuk bahan isi cinrols, saya lupa takaran tepatnya temans, hehe, mohon maaf ya.. Ohya, lain kali jika akan membuat cinrols, saya ingin menggunakan resep cinrols mb Hesti yang blognya hesti-myworkforart, karena hasil cinrolsnya nampak menggoda sekali, tekstur terlihat lembut, mengembang, rapi dan warnanya pun kecoklatan. Saya ingin sekali bisa sukses membuat cinrols yang seperti itu, berbeda dengan yang saya buat ini, warnanya masih pucat, kurang menggoda, menurut saya akan cantik jika permukaannya kecoklatan rata temans..

Langsung saja resepnya..

Cinnamon Rolls

Bahan dasar roti (resep roti empuk NCC):

500 gr  tepung terigu protein tinggi --> saya campur protein sedang dan tinggi
100 gr  gula
100 gr  mentega
11 gr    ragi instant
½ sdt    bread improver --> saya tidak pakai
4 btr     kuning telor
300 ml  air es --> seingat saya, saya pakai susu uht plain dingin
½ sdt    garam


Cara membuat:

  • Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
  • Masukkan air 200 ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
  • Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
  • Bulatkan adonan menjadi bulatan besar, diamkan 1 jam hingga adonan mengembang
Catatan: sisa air 100ml buat jaga-jaga aja kalai adonan kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit.
Isi: Campur gula palem, mentega tawar, kayu manis bubuk, aduk rata

Penyelesaian:  
  1. Siapkan loyang yang sudah diberi margarin/mentega/minyak tipis-tipis  
  2. Taburi meja bersih dengan tepung terigu, ratakan. 
  3. Ambil adonan roti, bagi menjadi dua. Ambil satu bagian adonan,  pipihkan dengan rolling pin hingga berbentuk persegi tipis, tuang adonan isi, ratakan, gulung rapat dan potong-potong 
  4. Lakukan hal yang sama dengan adonan lain.
  5. Letakkan potongan cinrols diatas loyang, beri jarak. Panggang hingga matang

Selamat mencoba, mohon maaf jika resep yang bagian bawah membingungkan hehe, tapi semoga bisa dimengerti yah temans..
Salam Mama bolo-bolo!!

No comments:

Post a Comment