Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Monday, February 24, 2014

Beef Salami Cheddar Meatloaf



MasyaAllah temans, meatloaf ini uenak banget, rasanya tidak rugi saya membuatnya... entah sudah beberapa bulan lalu saya ingin membuat meatloaf, tapi, saya menunggu waktu yang tepat, akhirnya saya buat di hari ketika suami saya Uncle Hendra baru pulang dari Bandung. Kalo menurut saya, memasak menu baru lebih pas di waktu libur, supaya suami saya bisa menikmati dengan puas dan cepat habis. Alhamdulillah beliau sukaaa sekali, Banie juga sukaaa, sampai nambah-nambah dan tak lupa si mbak Sum juga suka banget.. yah Alhamdulillah ada mbak Sum yang bekerja di rumah saya walaupun bekerjanya hanya kurleb 2-3 jam-an. Tapi setidaknya, saya bisa berbagi lemak dan kolesterol ke mbak Sum hihi. Biar tidak cuma saya syaja yang mekar temans, haik haik  :D

Nah, resep ini saya contek dari chef favorit saya (selain chef Anna Olson), yaitu chef Michael Smith. Kenapa saya suka dengan acara masaknya om Michael, terutama chef at home, karena dapurnya rapiii, cara memasaknya juga bersih, ditambah lagi, di dapurnya ada ruangan khusus untuk menyimpan stok aneka bahan-bahan dapur.. 

Baik, langsung saja saya ketikkan resepnya yang sudah saya modifikasi dan saya ketik lagi yah.. Untuk takarannya, sesuaikan saja dengan selera, modifikasi juga monggo... 





Sebagian bahan-bahan yang sempat saya potret



   


 





Beef Salami Cheddar Meatloaf
By Marisa Tamara 

Bahan:
700 gr daging sapi, giling
1 buah bombay ukuran besar, cincang halus
3 siung bw putih cincang halus
3 butir telur
1 cup oatmeal
100-150 gr keju cheddar, potong dadu kecil
100-120 gr beef salami (saya pakai 1/2 bungkus dari ukuran 225 gr), cincang
2-3 lembar smoked beef, cincang 
4 buah sosis 
1 sdm oregano
Garam, gula, merica secukupnya
100-150 ml susu cair plain

Olesan (campur semua menjadi satu):
3 sdm saos tomat
3 sdm saos sambal extra pedas
2 sdm kecap manis
3 sdm madu
gula palem secukupnya

Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin. Panaskan oven kira-kira 150 dercel   
  2. Pecahkan telur dalam mangkok kecil, masukkan garam gula merica, aduk rata
  3. Dalam mangkok besar, campur semua bahan: Daging, bw bombay, bw putih, oatmeal, smoked beef, beef salami, susu cair, telur, aduk rata. Masukkan keju cheddar, aduk rata. terakhir, oregano, aduk rata.
  4. Tuang setengah adonan dalam loyang, ratakan, beri 4 buah sosis, tuang lagi adonan hingga habis, ratakan. Oleskan dengan bahan olesan hingga rata, panggang hingga matang (sambil sesekali keluarkan meatloaf dan dioles bumbu oles)
Selamat mencoba! Sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah, tidak harus sama persis, bisa juga ditambah aneka sayuran dan bahan lainnya yah temans :)


2 comments:

  1. Bundaaaaaaa.... ngiler bgt aku lihat masakan bundaaa^~^

    ReplyDelete
  2. bu Olaa... aku memang suka banget masak bu, ayo belajar bu hehe

    ReplyDelete