Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Saturday, February 22, 2014

Bakso Daging Sapi


Bakso pertama saya, rasanya enaaaaaak, kuahnya juga maknyus, baik bakso maupun kuah, semua sangat terasa bumbunya, walaupun saya tidak pakai MSG namun masih saya katakan gagal, karena teksturnya belum dapat. Ternyata setelah saya cari tahu, karena saya menghaluskan dagingnya menggunakan food processor yang mini. Harusnya digiling di pasar temans, bedaaaaaa sekali hasil 'gilingan' sendiri dengan hasil gilingan dari pasar, hehe. Saya sampai googling adonan bakso giling mentah dan melihat foto teman FB saya yang memang berjualan bakso, nah, yang digiling di pasar, hasil adonannya haluuus sekali, apa benar ya salah satu alasannya karena itu? saya juga sempat bertanya pada teman saya yang berjualan bakso sapi tentang tekstur ini, CMIIW.

Setelah saya menimbang-nimbang, akhirnya saya mencontek resep dari mb Ricke Indriani, tapi, saya tidak pakai soda kue ataupun baking powder temans. berikut saya c/p kan resepnya temans

BAKSO SAPI
by mba Ricke Indriani

Bahan:
500 gram daging sapi tanpa lemak (jika memungkinkan pilih yang segar, tapi kasus saya pakai yang frozen)
150 gram es batu, hancurkan (bisa juga menggunakan air es super dingin)
50 ml putih telur
3 siung bawang putih, iris tipis, digoreng
3-5 siung bawang putih, haluskan
2 sdt garam (15 gram)
1/2 sdt soda kue (bisa juga baking powder) --> Mama bolo-bolo tidak pakai
100 gram tepung sagu tani/tapioka (ukuran tepung terkadang berbeda-beda sesuai selera masing-masing saja)

Air dalam panci untuk merebus bakso.

Cara membuat:
1. Potong-potong daging agar lebih mudah dihaluskan. Masukkan dalam blender daging atau food processor (FP) beri setengah bagian es batu. Giling hingga halus. Masukkan putih telur, bawang putih goreng, bawang putih halus, garam dan sisa es batu. Giling lagi hingga benar-benar halus.
2. Masukkan tepung sagu tani/tapioka dan soda kue (atau baking powder), giling lagi hingga menjadi adonan pasta yang lembut dan mulus.
3. Didihkan air dalam panci untuk merebus. Setelah mendidih, matikan api (atau pakai api yang kecil sekali agar air jangan bergolak mendidih cukup hanya panas saja).
4. Ambil segenggam adonan bakso kemudian kepalkan tangan dan tekan jemari hingga adonan menyembul keluar dari sela ibu jari dan telunjuk, celupkan sendok ke air dingin (tujuannya agar sendok tidak lengket ke adonan) kemudian angkat bulatan adonan dengan sendok dan masukkan ke dalam air panas dalam panci. Bisa juga dibulatkan dengan bantuan 2 buah sendok teh. Lakukan hingga adonan habis. Biarkan bakso sampai mengambang, kemudian nyalakan/besarkan sedikit apinya dan masak kembali dengan air mendidih kecil selama 5 menit agar bakso matang sempurna.
5. Siapkan air dingin dalam wadah/baskom, angkat bakso yang sudah matang dari panci dan masukkan ke dalam air dingin. Biarkan hingga dingin. Tiriskan dan bakso siap dipakai.
6. Bakso fresh tanpa pengawet hanya tahan seharian saja di suhu ruang, tahan seminggu dalam suhu kulkas/chiller dan tahan hingga 2-3 bulan dalam suhu beku/freezer.
 

No comments:

Post a Comment