Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Thursday, November 14, 2013

Ayam Betutu



Ayam lagi.. ayam lagi.. jangan bosan ya kalo saya sering banget mosting resep si petok-petok ini.. Soalnya saya memang suka banget daging ayam.. Jadi, resep baru yang sering saya praktekkin juga ayam lagi dan lagi :D

Kali ini saya membuat ayam betutu.. Ngomongin tentang ayam betutu, saya jadi teringat dulu yang walaupun udah beberapa kali liburan ke Bali, tapi kok ya belum merasakan yang asli dari Bali :( onde mande, iya memang penyesalan silalu datang belakangan :(

Tapi Alhamdulillah dulu saya pernah nyobain pelecing kangkung, masyaAllah uenaak, kangkungnya krenyes-kres-kres dan sambelnya pun mantab.. Moga next time saya bisa ke Bali lagi nih biar bisa nyobain langsung, sama pengennya juga nyoba ayam taliwang khas Lombok.. Hem...

Ohya, untuk resep ayam betutu ini bumbunya bisa saya katakan banyak dan lengkap, rempahnya benar-benar terasa. Alhamdulillah enak dan suami suka. Tapi saya nya sampai mbelenger nih makannya, karena rempahnya nampol banget. Untuk temans yang mau menambahkan bumbu rempah, monggo silahkan, saya sendiri belum tahu resep aslinya bagaimana, jadi mohon maaf jika ada yang kurang ya :) peace :)

Berikut resepnya, yang sudah saya sesuaikan dengan kebutuhan:

AYAM BETUTU
Source by Keluarga Nugraha

Bahan:
1 ekor ayam kampung, cuci bersih, biarkan utuh (saya pakai ayam negri sehat no suntik2)
2 buah jeruk nipis, ambil airnya
2 sdt garam
4 lbr daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
150 gr daun singkong, rebus dan potong-potong
4 sdm minyak untuk menumis
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus:
15 btr bw merah
6 siung bw putih
8 buah cabe merah (Saya campur juga cabe keriting)
5 butir kemiri
2 sdt terasi matang
1,5 sdm jahe cincang
4 cm kunyit, bakar
1 sdm kencur bubuk
1 sdm lengkuas bubuk
1 sdm pala bubuk (Saya pakai ladaku, karena saya sudah tidak menggunakan pala lagi)
1 sdm ketumbar, sangrai
1/2 sdt jintan, sangrai
2 sdm garam
3 sdm gula pasir
2 sdm gula jawa, sisir halus

Cara Membuat:
  1.  Lumuri ayam dengan jeruk nipis dan garam, diamkan 30 menit, cuci bersih
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam dan serai hingga harum
  3. Tusuk-tusuk permukaan ayam, lumuri dengan 1/2 bagian bumbu halus hingga rata
  4. Masukkan daun singkong ke dalam rongga ayam (saya 'tutup' dengan sematan lidi agar daun singkong tidak berceceran :D )
  5. Siapkan dandang berisi air mendidih
  6. Alasi kukusan dengan daun pisang (saya pakai pinggan tahan panas yg saya alasi daun pisang)
  7. Letakkan ayam, tutup beberapa lembar daun pisang, bungkus ayam dengan daun pisang
  8. Kukus selama 2 jam hingga ayam matang (tambahkan air pada dandang jika air habis)
  9. Panggang ayam dalam oven hingga kecoklatan
Selamat mencoba.. :)

PS: afwan jiddan, nyuwun pangapunten, foto ayamnya dijepret dari belakang, agak saru ya  :(

No comments:

Post a Comment