Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Sunday, September 1, 2013

Sutlac

Pertama kali saya mencoba dessert khas Turki ini ketika saya dan keluarga mengunjungi resto makanan Turki. Sempat ragu ketika memesan menu dessert ini, karena membaca bahwa sutlac adalah rice pudding, tapi ternyata rasanya lekker temans! enaaaak, manis, wangi dan creamy. Segera Uncle Hendra meminta saya untuk membuat dan beliaunya mencari resepnya sendiri via google. Bahan-bahannya simpel, cara membuatnya mudah. 

Resepnya saya membaca dari banyak sumber yang kemudian saya olah sendiri dengan takaran sesuka hati.. Ada yang dipanggang dulu dan ada yang tidak. Terserah mau pilih yang mana. Penyajian ketika saya makan di resto Turki, permukaan sutlac-nya kecoklatan, menurut saya, itu karena bagian permukaannya dipanaskan menggunakan blow torch. Sayang blow torch saya rusak, jadi permukaannya kurang sip pemirsah.. *kedip2 ke Uncle Hendra

Tips dari saya, sutlac ini lebih enak jika teksturnya cair daripada yang padat, gunakan beras yang butirannya panjang, jangan lupa sajikan dingiiiin, menurut saya lebih nikmat.. 

Saya baru dua kali membuatnya, untuk yang kedua, saya membuatnya lebih banyak dan sukses membuat keluarga saya puas n_n

Sutlac

Bahan:
40 gram beras, cuci bersih, rendam
300 - 350 ml air matang
Susu cair 500ml
Whipped cream cair 150 ml
2 sdm Tepung maizena, dilarutkan bersama sedikit susu cair, aduk
Gula secukupnya (sesuaikan dengan selera)
Garam sejimpit
Vanili bubuk sejimpit
Kayu manis secukupnya

Cara Membuat:
  1.  Didihkan air dalam panci, masukkan beras, aduk terus hingga air menyusut dan beras matang
  2. Masukkan susu cair, whipped cream cair, gula, vanili, aduk hingga mendidih
  3. Tuang larutan maizena, aduk hingga matang
  4. Tuang dalam pinggan panas (saya menggunakan ramekin tahan panas), oven sebentar, hingga permukaannya agak padat, angkat, dinginkan sebentar.
  5. Taburkan kayu manis bubuk, masukkan dalam kulkas, dinginkan dan sajikan
Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment