Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Monday, August 26, 2013

Kare Kepiting


Bismillahirrahmanirrahim,

 Sedari kecil, saya suka sekali kare kepiting buatan Nenek. Walaupun kepitingnya berukuran kecil (dibandingkan kepiting Papua), tapi Nenek saya pandai sekali mengolahnya menjadi kare kepiting yang enaaaaaaaaaak. Sekarang banyak aneka olahan bumbu kepiting, kare kepiting ini tetap menjadi favorit saya.  Makan dengan kuahnya saja plus nasi sudah sangat nikmat lho.  Nenek saya suka menambahkan tahu yang sudah digoreng ataupun terong pada kare kepitingnya, mantab deh rasanya n_n

Berikut saya ketikkan resepnya, untuk takarannya, saya kira-kira saja ya, jika ada yang kurang, monggo ditambahkan sendiri dan sesuaikan dengan selera masing-masing, kebetulan saya suka yang kuahnya agak merona merah, jadi cabe merah yang saya gunakan banyak n_n

KARE KEPITING
By Marisa Tamara

Bahan:
1 kg kepiting yang sudah dibersihkan
1,5 lt air matang (saya kalo  memasak menggunakan air galon)
600 ml santan kental (dari 3 kotak santan kemasan 200ml)
Daun salam 3 lembar
Garam dan gula secukupnya
Minyak secukupnya untuk menumis


Bumbu halus:
15 btr bw merah
5 btr bw putih
10 buah cabe merah besar 
10 buah cabe keriting
10-20 buah cabe rawit merah kecil 
2 bungkus merica (saya pakai ladaku)
3 btr kemiri
1 sdt ketumbar
3 ruas lengkuas
3 ruas kunyit
3 ruas jahe
2 batang serai

Cara membuat:
  1. Panaskan air hingga mendidih, masukkan kepiting, beri sedikit garam, rebus kepiting hingga matang, kecilkan api, gunakan api sedang.
  2. Tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum dan matang, tuang santan, aduk rata, masukkan bumbu ke dalam panci berisi kepiting matang, aduk terus, beri garam dan gula, sesuaikan dengan selera.
Notes:
  • Jika suka, bisa ditambahkan tahu putih yang sudah digoreng atau terong ungu. 
  • Penggunaan bumbu memang banyak, karena saya jarang menggunakan penyedap.
  • Takaran air dan bumbu bisa disesuaikan sendiri ya
  • Untuk mematikan kepitingnya, ada banyak cara, duluuuu saya taruh kepiting hidup di dalam ember, lalu disiram air mendidih hingga kepiting mati. Lalu saya tuang dan ganti berulang kali air mendidihnya (karena kepiting yang saya masak dulu adalah kepiting hutan papua yang besar dan 'kotor). Setelah itu baru disikat satu per satu setiap selanya agar bersiiiiih --> memang memakan waktu lama dan tangan saya sampai luka apalagi jika kepitingnya luka, atau bisa juga dengan cara yang sudah saya ketik  disini
Selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment