Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Saturday, June 29, 2013

Roti Gambang

Sudah sejak lama aku menggemari roti gambang, rasanya legit dengan aroma kayu manis yang khas. Masih lekat di ingatanku, ketika dulu sering membeli roti ini pada bapak-bapak penjual roti keliling ketika Aku masih tinggal di kukusan - Depok. Terkadang aku mendapatkan tekstur roti gambang yang pas, tapi di lain waktu aku mendapat roti gambang bertekstur keras, onde mande... 
Alhamdulillah akhirnya keturutan membuat sendiri, walaupun secara bentuk masih jauh dari sempurna, tapi Alhamdulillah keluargaku suka roti gambang bikinanku ini, menurut mereka rasanya lebih enak daripada yang sering kubeli di luar. Kalo secara tekstur, aku lebih suka roti gambang yang empuuuk, seperti yang pernah kubeli di A******t tapi lagi-lagi Uncle Hendra ngotot, beliau mengatakan bahwa bikinanku ini sudah enak, Alhamdulillah n__n

Resepnya aku dapat dari blog Mb Riana Ambarsari, langsung aku copy-paste kan resepnya dari blog beliau ya n_n

Roti Gambang
 
original recipe by: Femina Online
Modified by Riana
  
Bahan:
250 g gula merah, sisir
175 ml air
375 g tepung terigu berprotein sedang
125 tepung roti cokelat
25 g susu bubuk
1/4 sdt garam
1 sdt soda kue
2 sdt baking powder
2 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt vanili bubuk
2 kuning telur ayam
50 s/d 100 g margarin, tergantung selera. Makin banyak margarinnya, makin empuk roti gambangnya. Sebagian orang lebih suka roti gambang yang agak liat, karena chewy dan enak dikunyah. Sebagian orang itu adalah gue. Padahal gue bukan sebagian. Gue adalah satu orang. (Original recipe: 200 gram)
3 sdm air, untuk olesan
3 sdm biji wijen putih


Instruction:

  1. Rebus gula merah bersama air hingga gula larut dan air mendidih. Angkat, dinginkan. Sisihkan.
  2. Campur tepung terigu, tepung roti, susu bubuk, garam, soda kue, baking powder, kayu manis, vanili, dan kuning telur, aduk rata. Masukkan air gula, uleni hingga tercampur rata.
  3. Masukkan margarin, uleni kembali hingga rata. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik. Diamkan selama 30 menit di suhu ruang hingga adonan agak kering dan mudah dibentuk.
  4. Buka plastik. Timbang adonan @ seberat 75 g, pipihkan, gulung memanjang, bentuk bulat lonjong. Atur adonan di atas loyang datar bersemir margarin, beri jarak di antaranya. Olesi permukaan roti dengan air, taburi wijen.
  5. Panggang dalam oven panas bersuhu 150 derajat Celcius selama 30 menit hingga matang. Angkat. Sajikan.
Untuk 12-15 buah

No comments:

Post a Comment