Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Wednesday, October 17, 2012

Rujak Serut


Sejak lama ingin sekali membuat rujak serut ini, sebetulnya banyak dijual di pinggir jalan Depok, tapi yang membuatku urung membelinya karena rujak serutnya kurang bersih, kebetulan Aq paling tidak suka dan bisa langsung ilfil jika ada hewan kecil 'berenang2' di dalam makanan atau minuman (semut, dkk) yang mungkin berasal dari gula jawa. Alhamdulillah karena sering JJ di pasar, Aq sudah menemukan merk gula jawa yang enak dan BERSIH dari hewan2 kecil n__n

Ohya, Nenekku dulu juga sering membuat rujak serut ini dalam porsi jumbo, MasyaAllah enak, seger dan pedas. Terkadang beliau mencampurkan kacang tanah goreng kasar dalam rujak serutnya.

Kebetulan bulan2 ini harga mangga sedang murah n_n  dan bapak2 penjual sayur, juga sedang membawa mangga indramayu. Pas syikali ya!

Aq menggunakan resep rujak serut NCC, namun isiannya hanya mangga indramayu, nanas dan mentimun, dengan minimnya bahan isian, Alhamdulillah tidak mengurangi kesegaran rasanya lho n_n


Oke, langsung saja resepnya: 

Rujak Serut
By NCC

Bahan:
½ kg    ubi merah
½ kg    mangga muda
½ kg    nanas
½ kg    kedondong
½ kg    bengkuang
½ kg    ketimun
½ kg    gula jawa
3 bh     cabe merah
5 bh     cabe rawit


Cara membuat
  1. kupas semua buah, kecuali mangga muda cukup dicuci saja. Lalu serut menggunakan parutan kasar. Khusus nanas, dipotong dadu. Campur jadi satu dalam wadah.
  2. Haluskan cabe merah, cabe rawit dan gula jawa, campurkan kedalam parutan aneka buah, aduk rata.
  3. Rujak serut segar disajikan dalam keadaan dingin.
---> supaya lebih greng, bisa ditambahkan sedikit air asam, bw putih yg digoreng dulu, baru dihaluskan dengan bumbu n_n

Selamat Mencoba! n_n

No comments:

Post a Comment