Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Wednesday, January 14, 2015

Roti Boy aka Mexican Bun


Roti boy aka roti polo aka mexican bun pertamaku, baru menyempatkan membuat nih temans, buru-buru pula, saya ingat ketika ada ide membuat roti boy ini, hari itu juga harus ke sekolah Banie, semut-semut the natural school untuk seleksi wawancara orang tua, menjelang masuk SD.. Untuk adonan pertama, saya sempat melakukan kesalahan, topping yang saya pergunakan dari tepung terigu protein sedang, padahal seharusnya tepung terigu protein rendah temans. 
Walaupun begitu, Alhamdulillah suami suka, menurut beliau rasanya mirip dengan roti boy yang dijual di gerai mall-mall, tapi menurut saya tidak sama, karena menurut saya masih kurang manis dan lain sebagainya :D namanya juga baru pertama kali bikin nih.. jadi harus belajar lagi. Pelajaran berharga juga buat saya, baca resepnya harus teliti :D Kemudian, ketika menyemprot topping, usahakan rata, menempel dan banyak yah temans, jangan seperti foto yang saya upload, karena kurang menempel dan kurang banyak..
Kata suami, tinggal isiannya  yang harusnya dibuat asin. Sebenarnya isiannya saya menggunakan unsalted butter, karena tidak ada salted butter di rumah :D Resepnya menggunakan resep NCC, berikut resepnya: 

Roti Polo
By Ibu Fatmah Bahalwan


Topping:
50 gr       gula halus
50 gr       gula palem
100 gr     mentega
80 gr       telur
130 gr     terigu protein rendah.
5 gr         kopi instant + 1 sdm air panas
5 gr         essence kopi.

Cara membuat:

Adonan sering saya uleni dulu sebelum masuk BM, kurang kerjaan ya :)

  • kocok mentega, gula, telur hingga lembut, masukkan tepung terigu, aduk rata, tuang kopi dan essence kopi, aduk rata.
  • Masukkan adonan kedalam plastik segitiga. Gunting kecil ujungnya. Semprotkan diatas roti bulat yang sudah mengembang terakhir dengan arah seperti obat nyamuk.
  • Panggang roti dalam oven hingga matang.

No comments:

Post a Comment