Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Wednesday, April 16, 2014

PR LBT#31 Bakpia



PR LBT#31 BAKPIA
ID 165 Marisa Tamara

Alhamdulillah PR saya selesai juga, walaupun menurut saya kulit bakpianya belum sempurna, mungkin ada yang salah pada saat saya menguleninya temans. Untuk isiannya, saya cocok sekali dengan rasanya. Manis, gurih, enaak. Saya tambahkan 1 lembar keju cheddarSaya membuat 1 resep, alhasil memaksa saya untuk lebih bersabar dan telaten. Resepnya saya contek dari web Mba Hesti, makasih banyak ya Mba :)  berikut resepnya:


BAKPIA

Bahan Kulit A:
250 gram tepung terigu protein sedang 
1 sdm mentega putih atau butter
50 gram gula tepung
1/4 sendok teh garam
140 ml susu cair

Bahan Kulit B:
250 gram tepung terigu protein sedang
100 gram minyak goreng
1/4 sdt garam

Bahan Isi:
100 gram kacang hijau kupas, direndam 1 jam
150 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
1/8 sendok teh garam
1 lembar daun pandan
75 gram gula pasir

Cara membuat:
  1. Isi, kukus kacang hijau 15 menit sampai mekar. Angkat.
  2. Masak santan,garam,daun pandan,gula pasir,dan kacang hijau sambil diaduk sampai kalis. Sisihkan. Bulatkan.
  3. Kulit A, campur semua bahan. Uleni hingga kalis. Bagi menjadi 20 bagian. Sisihkan.
  4. Kulit B, aduk hingga tercampur rata. Bagi menjadi 20 bagian.
  5. Bungkus adonan B dalam adonan A. Giling memanjang. Lipat menjadi 3. Ulangi proses tersebut 2 kali lagi. Pipihkan. Letakkan adonan isi di dalamnya. Bentuk bulat.
  6. Letakkan di atas Loyang yang sudah dioles margarin. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat Celsius 15 menit sampai setengah matang. Balik. Oven lagi dengan api bawah suhu 180 derajat Celsius 5 menit. Balik. Oven lagi dengan api bawah suhu 180 derajat Celsius 15 menit sampai matang.

No comments:

Post a Comment