Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Sunday, December 29, 2013

Tetel Goreng


Tetel goreng.. saya tahu, ini postingan kurang penting, karena tetel gampang banget membuatnya. Tapi tetap saya masukkan ke blog, buat arsip saya, hehe. Saya sangat mengidolakan camilan ini, dengan beraneka sebutan nama panggilan sayangnya, mulai dari tetel, jadah, gemblong, entah apalagi ya..

Tetel ini sudah saya kenal sejak saya masih kecil kali yah, tetel buatan nenek saya enaaaak banget, baik itu hanya dikukus, apalagi digoreng. Sejak lama saya ingin membuatnya, tapi belum menyempatkan diri lho, sampai akhirnya saya nekad deh membuat tetel ini, sempat googling resepnya. Ada yang ketan kukus langsung ditumbuk dengan kelapa kukus dan garam, tapi saya mencoba membuat tetel yang dimasak dengan santan. Kalo menurut saya, ketika saya santap tanpa digoreng, santannya terlalu banyak, tapi setelah digoreng, enaaak, kata suami saya, bagian luar garing, bagian dalamnya lembut... Monggo terserah njenengan teman-teman mau tekstur seperti apa, sesuaikan selera yaa...

Tetel Goreng
By Marisa Tamara

Bahan:
500 gr beras ketan, cuci bersih, tiriskan
250 ml santan (Saya pakai 400ml santan, lain kali inginnya saya kurangi sedikit)
Kelapa yang diparut kasar (takarannya terserah, bisa 1/2 dari 1 butir kelapa atau lebih, tapi saran saya, makin banyak, makin enak)
1-2 lembar daun pandan
Garam secukupnya

Cara Membuat:
  1. Panaskan panci kukusan, kukus ketan hingga ketan panas -- kukus juga kelapa parutnya
  2. Rebus santan dengan daun pandan dan garam, aduk-aduk terus hingga mendidih, matikan api
  3. Masukkan beras ketan panas ke dalam santan mendidih, aduk-aduk hingga santan terserap beras ketan
  4. Kukus lagi ketan hingga matang, angkat. 
  5. Campur ketan dan kelapa parut, letakkan diatas loyang, pukul-pukul ketan bersama kelapa parut selagi panas (saya menggunakan ulekan yang dibungkus plastik),  kemudian masukkan ketan ke dalam loyang, tekan-tekan hingga padat (saya pakai loyang brownies ukuran30cmx10cm) , dinginkan, potong-potong sesuai selera dan goreng. Voila.. semudah itu yaaa.. MasyaAllah
Selamat mencoba! sesuaikan dengan selera masing-masing saja yaaa...

No comments:

Post a Comment