Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Thursday, June 27, 2013

Brownies Ketan Hitam


Foto lama lagi, dibuat sebelum Aku melahirkan Jeng Hanah n_n bikin yang simpel tapi enak, bronketem, rasanya mantab, khas sekali tekstur dan rasanya, bisa dibayangkan ga perpaduan antara tepung ketan hitam dengan coklat? ternyata enak sekali lho n_n Jazaakillaahu khoir Mb Ricke sudah berbagi resep ini n_n

Ohya, Membuatnya pun cukup mudah, asal pilih tepung ketan hitam yang bagus ya... Temans juga harus hati2 dalam membeli tepung ketan hitam, karena Aku pernah membeli di TBK Depok langgananku, kok tiba2 tepung ketan hitamnya ketika diolah kelihatan seperti dikasi pewarna, padahal sebelum2nya Aku beli, tidak pernah seperti itu, tepungnya terlihat ada bintik2 ungu dan merah (atau pink ya kalo tidak salah ingat). Dan.. pengaruh sekali ke tekstur cake, cake jadi agak bantat, kurang mengembang.


Langsung saja resepnya

Brownies Kukus Ketan Item (Bronketem)
by Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani

Bahan:
6 butir telur
200 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
1/4 sdt garam
1 sdt vanilla

2 sdm susu kental manis

250 gram tepung ketan hitam
20 gram coklat bubuk, diayak
---> Campur jadi satu

100 gram dark cooking chocolate, cincang
200 gram minyak goreng atau mentega dilelehkan

Coklat meisyes (rice chocolate) secukupnya untuk filling

Cara membuat:
1. Panaskan kukusan.
2. Lelehkan dark cooking chocolate. Masukkan minyak goreng. Aduk rata. Dinginkan.
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang, kental dan berjejak. Masukkan vanilla, kocok rata. Masukkan susu kental manis. Kocok rata.
4. Masukkan campuran tepung ketan hitam dan coklat bubuk sedikit demi sedikit bertahap sambil dikocok dg mixer kecepatan rendah sampai merata.
5. Masukkan campuran dark cooking chocolate dan minyak goreng/mentega cair. Aduk balik dg spatula hingga rata dan homogen.
6. Bagi 2 adonan. Tuang 1/2 bagian adonan ke dalam loyang ukuran 20x20x7 cm yg telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Kukus 10 menit dg api sedang.
7. Taburi coklat meisyes. Tuang kembali 1/2 bagian sisa adonan. Kukus kembali 20-25 menit hingga matang.
8. Angkat dan langsung keluarkan dari loyang. Biarkan dingin. Potong-potong dan sajikan.

No comments:

Post a Comment