Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Tuesday, December 11, 2012

PR LBT#20 JAPANESE ROLL CAKE


PR LBT#20 JAPANESE ROLL CAKE
ID 165 MARISA TAMARA

Alhamdulillah bisa mengumpulkan PR kali ini, senang dan lega sekali rasanya. Jujur, ini adalah PR tersulit yang pernah kukerjakan, karena Aq sendiri masih belum bisa membuat bolu gulung aka roll cake dengan benar, selalu gagal. Untuk percobaan JRC petama gagal total, walaupun rasanya enak, tapi retak dan susah digulung, yang kuupload ini adalah percobaan ke-2 yang juga retak namun tidak separah yang pertama dan pola JRCnya pun lengket dengan kertas (sepertinya karena terlalu lama dipanggang, harusnya kan cuma 1 menit). Untuk rasanya Alhamdulillah enak, hanya bentuknya saja yang acakadut.

Ohya, Aq juga tidak sempat membuat JRC lagi karena tgl 14 Desember ini sudah berangkat mudik, sementara Aq harus beberes rumah supaya tetap kinclong ketika ditinggal mudik dan Aq harus membuat banyak kuker untuk oleh-oleh keluargaq di jatim, semoga berkenan ya Mbak-Mbak host n_n

Untuk resep JRC ini Aq menggunakan resep bolgul milik Mb Ricke dengan metode pengocokan all in one. Syukron Mba resepnya n_n
Langsung saja resepnya yah temans n_n

JAPANESE ROLL CAKE
By Mba Ricke Modified By Me

Bahan:
6 butir telur utuh
6 butir kuning telur
130 gram gula pasir
1 sdm cake emulsifier
1 sdm air
100 gram terigu protein sedang/all purpose flour
20 gram susu bubuk
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt essence vanilla
100 gram margarine+30 gram unsalted butter, lelehkan dan dinginkan
Pasta melon secukupnya
Pewarna pink, kuning, biru dan hijau sedikit saja

Filling: Selai blueberry

Cara membuat:
  1. Ayak terigu, susu bubuk dan baking powder. Sisihkan.
  2. Panaskan oven 190-200’C. Alasi loyang dengan kertas roti, olesi dengan margarine/minyak oles loyang. Sisihkan.
  3. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier dan air sampai mengembang, kental, putih dan berjejak. Pastikan kocokan telur sudah kental sempurna agar hasil cake maksimal.
  4. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer kecepatan paling rendah atau diaduk dengan menggunakan spatula dengan teknik aduk balik. Aduk rata hingga ke bagian pinggiran baskom.
  5. Masukkan margarine+butter cair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan teknik aduk balik hingga benar-benar rata dan adonan sudah homogen. Pastikan tidak ada sedikitpun margarine/butter cair yang belum tercampur karena bisa menyebabkan cake menjadi bantet!
  6. Siapkan 3 buah baskom plastik kecil, ambil kira-kira 2 sdm adonan lalu beri masing-masing pewarna pink, biru dan hijau. Aduk rata. Masukkan dalam piping bag, gunting ujungnya sedikit.
  7. Semprotkan sedikit-sedikit adonan berwarna di atas loyang dengan moti polkadot, beri jarak masing-masing. Lalu oven selama 1 menit, keluarkan dari oven.
  8. Beri beberapa tetes pewarna kuning pada sisa adonan, aduk rata, tuang adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven hingga permukaannya berkulit kuning kecoklatan dan sudah tidak lengket bila disentuh, sekitar 20-25 menit. Jangan over bake hingga cake terlalu kering, nanti bisa mudah retak/patah saat digulung. Angkat dan keluarkan dari oven.
  9. Keluarkan cake dari loyang dengan cara membalikkan ke atas kertas roti, kelupas kertas roti yang menempel pada cake. Balikkan kembali ke rak kawat pendingin (motif polkadot di posisi bawah). Beri olesan selai blueberry lalu gulung dan padatkan.
Selamat Mencoba n__n

2 comments: