Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Monday, November 19, 2012

Tahu Campur


Tahu campur Mbak Tamara, since Oktober 2012 n_n (Aq ndak suka dipanggil Mbak Mar, makanya Mbak Tamara ajah)

Salah 1 menu Jatim favoritq. Jadi teringat pas awal kehamilan, pernah menangis di kamar hanya gara-gara kepengen makan menu Jatim T_T Terus, yang paling aneh ajaib, Aq pernah pengen makan rujak cingur, tapi yang mengulek bumbu petisnya, jari tangannya harus yang gemuk-gemuk seperti pisang kepok. Alamak, onde mande!! Uncle Hendra jadi bingung dibuatnya.

InsyaAllah pertengahan Desember 2012 ini, Aq mudik dan akan kutaklukkan semuanya, tak bikin jadwal kuliner sing elegan di warung-warung langganan n___n

Ohya, sebetulnya ada juga warung Suroboyo di sekitar Fatmawati, monas, BSD... tapi adoooh men rek. Menguras tenaga, belum lagi kalo kena macet. Ya akhirnya, Aq memutuskan harus bisa membuat sendiri. Walaupun rasanya masih ada yang kurang, karena Aq membeli petisnya juga senemunya di pasar n_n padahal setahuq kalo di Surabaya, ada petis spesial yang mantab, sehingga bisa menghasilkan rasa yang pas. Kemudian, perkedel singkong yang kubuat kurang 'lentur' hehe.

Bukan berarti kalo membuat sendiri itu 'murah meriah' lho temans, karena ngumpulin bahannya butuh waktu beberapa hari, belum lagi kalo malasnya kumat. Aq mencari tulang muda, bagian kotot (Afwan, ga tahu menyebutnya dalam bahasa Indonesia, yang jelas kalo digigit tuh kenyil-kenyil hehe), karena kalo membeli tahu campur, Aq paling suka 2 bagian itu.

Untuk resepnya, sebenarnya Aq bingung juga ketika googling, karena berbeda satu sama lain, akhirnya kubaca saja semua dan kurangkum sendiri dengan rumus kira-kira, yang penting bumbunya dibanyakin ben sedep, karena Aq memasaknya ga pake MSG-MSG-an. Aq yakin bisa menghasilkan rasa yang enak, karena tahu campur kan menggunakan daging sapi, insyaAllah gurihnya sudah alami.

Oke, langsung saja resepnya yah n_n

TAHU CAMPUR
By Marisa Tamara

Bahan:

Daging sapi (Dicampur dengan tulang muda, urat sapi) kira-kira 750 gram
Air kira-kira 2 lt
2 cm laos, geprek
2 buah serai, geprek
5 lembar daun salam
8 lembar daun jeruk purut
1 bulatan kecil gula merah
Garam gula secukupnya 
Mie kuning
tahu goreng
Selada
Kecambah
Kerupuk udang kecil
Petis udang --> Aq menggunakan 2 tempat kecil, 1 petis KW super, satunya ndak KW-KW an haha

Bumbu Halus:

15 buah bw merah
5 buah bw putih
1 sdm merica butiran
1 sdt ketumbar sangrai
2 biji kemiri
2 cm kunyit
1 cm jahe
3 buah cabe merah besar

Cara Membuat:
  1. rebus air, masukkan laos, serai, daun salam, daun jeruk purut, masak hingga mendidih, lalu masukkan daging sapi, tulang muda dan urat sapi, masak hingga empuk. Angkat, potong-potong. Jika air berkurang banyak, tambahkan lagi secukupnya (Kalo Aq suka ditambah banyak air). Sisihkan daging.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daging, tulang muda dan urat sapi, tambahkan sedikit air rebusan daging. Masak hingga bumbu meresap. Masukkan ke dalam panci kembali, aduk rata, beri garam, gula, gula merah. Aduk rata dan masak sebentar.
--> Untuk petis udang, masak petis udang di atas wajan bersama 5 buah bawang putih yang diiris tipis dan digoreng kering. Aduk-aduk, beri air secukupnya, garam, gula, kecap, tes cicip hingga rasanya pas
--> Untuk perkedel singkong, Aq menggunakan kira-kira 2 singkong ukuran sedang yang dihaluskan bersama 3 buah bw merah, 2 buah bw putih, 1 sdt ketumbar, merica sedikit, kunyit sedikit, garam secukupnya. Diperas hingga agak kering, kemudian dibentuk lonjong dan bungkus daun pisang, lalu dikukus sebentar. kemudian goreng.

Cara Penyajian:
Tuang 2 sdm petis udang masak di atas piring, tata mie kuning, selada, taoge secukupnya, beri irisan tahu, perkedel singkong, daging dan terakhir siram dengan kuah, taburi kerupuk udang kecil, hidangkan panas-panas lebih nikmat n__n

Selamat mencoba! n_n Afwan jiddan jika banyak kekurangan, ini Aq rangkum dari hasil survey googling,monggo menambahkan informasi jika ada yang kurang n___n

No comments:

Post a Comment