Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Tuesday, October 23, 2012

Combro


Wah, ternyata arek Suroboyo seperti Aq bisa menyukai combro juga yah? Sungguh diluar dugaanq. Karena di Surabaya sendiri yg banyak beredar kebanyakan pisang goreng, ote2, tahu isi, tempe menjes, dadar jagung, pohong lan telo goreng.

Sebetulnya awal perkenalanq dengan combro ketika wiskul bersama beberapa teman LBT ke Bogor. Perjalanan kuliner diawali ke jl suryakencana Bogor, yg memang banyak terdapat kuliner enak. Lalu ke beberapa tempat yang Aq sendiri lupa nama jalannya, beberapa teman membeli roti unyil, asinan, sampai es puter durian yg enaaak dan kalo tidak salah berakhir di Kedai Kita sekitar jalan pangrango.

Karena ketagihan, beberapa waktu kemudian, Aq meminta suami mengantar ke Bogor lagi hanya untuk mencari 'rombong' abang2 yang menjual combro di jl suryakencana seperti yang kudatangi beberapa waktu lalu bersama teman2 LBT.


Alhamdulillah ketemu juga n_n Saking larisnya, ketika Aq baru sampai, si abang sedang membuat sekitar 90 buah combro pesanan pembeli. Kebetulan si abang memang langsung membuat combro saat itu juga, alhasil penantianq berlangsung lumayan lama, karena menunggu si abang membentuk combro, diisi oncom dan digoreng.  Jadi ceritanya jauh2 ke Bogor ya niatnya cuma membeli combro, hemmm. Suamiq menggoda sambil bercanda " Dunia ini memang dagelan", ya tak jawab aja: "Ajane Mas seneng, Aq lho  mintanya cuma combro,  timbangane Aq minta berlian".  Bener ora?? Akhirnya kita tertawa bareng, sambil menikmati cuaca segar kota Bogor,,,
Alhamdulillah, akhirnya sekarang sudah bisa membuat combro sendiri, resep Aq dapat dari Mb Yuliana Dawan, terima kasih banyak yaa Mb Uliii n_n enak banget nih dan Alhamdulillah cucok dengan resep ini n_n

Oke, langsung saja resepnya ya:

COMBRO
Bahan kulit :

400 gr singkong parut ( peras sampai airnya berkurang 1/2 )
1 buah kentang rebus ukuran sedang (ini rahasia dapet bocoran dari resep leluhur biar combro tetep empuk meski dingin)
100 gr Kelapa kering, 
 1/2 sdt Garam
 
Isi "Oncom" Pedes:

200 gr oncom remas2 pake tangan hingga hancur

5 siung Bawang putih cincang
3 siung Bawang merah cincang
1 pak Daun Kemangi *engga pake
1 batang Daun bawang, iris2 halus
5 buah Cabe Rawit, iris2
2 buah cabe merah

Bumbu :

Garam, merica, gula secukupnya
Kecap manis secukupnya

Cara membuat:
  1. Isi, tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan oncom. Aduk rata. Masukkan garam, merica dan gula pasir. Masak sampai meresap. Tambahkan daun bawang. Aduk rata, sisihkan.
  2. Kulit: aduk rata singkong, garam, irisan daun bawang dan kelapa parut.
  3. Ambil sedikit adonan. Pipihkan. beri isi &  cabe di dalam combronya.Bentuk oval.
  4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.
* Untuk penyuka pedas seperti Aq, adonan isi bisa ditambahkan 10-20 buah cabe rawit, supaya lebih greng n_n

No comments:

Post a Comment