Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Tuesday, April 24, 2012

Sup Tomat Bola Ayam

Sup Tomat Bola Ayam



NCC lagi, NCC lagi, habisnya memang Aq mengkoleksi buku NCC dan suamiq minta kalo bisa dipraktekkin semua, jangan hanya beli, dikoleksi dan dibaca saja 0_0 memang, membuka buku2 atau majalah resep adalah salah 1 hobiq sambil leyeh2 menikmati istirahatq. Dibaca plus mengamati foto sambil berpikir2, kapan yah bisa dipraktekkin, kemudian ada perasaan puas jika resep sudah kucoba n_n

Aq kira rasa sup tomat bola ayam ini mirip dengan sup merah, ternyata beda yah. Btw, kalo ngomongin sup merah, Aq jadi teringat sup merah Mbah Affandi atau biasa kupanggil Mbah Ti, beliau adalah Ibu mertua bude kandungq. Beliau memiliki 8 anak dan banyaaak cucu plus beberapa cicit.
Ketika Aq kecil, hampir setiap lebaran, keluargaq berkunjung ke rumah Mbah Ti yang terletak di jl. Rungkut Surabaya. Sajian masakan lebaran Mbah Ti benar2 istimewa dan bermacam2. Yang namanya anak kecil, jika disuguhi masakan enak, pasti sueneeeng to?  Apalagi beliau pernah menyewa freezer es krim wall’s seperti yang terdapat di toko2 untuk suguhan cucu2 ketika lebaran. Hebooh syemua deh. 

Sup merah termasuk menu istimewa yang disajikan dengan isian lengkap, lezaaat, lengkap dengan crouton-na. MasyaAllah sangat nikmat syekali syekali syekali. Semoga Allah membalas semua kebaikan Mbah Ti, menerima amal ibadahnya, diampuni segala dosanya dan dilapangkan kuburnya, aamiin T_T

Kembali ke sup tomat bola ayam lagi, rasanya memang agak asam namun segar, saranq, bisa ditambahkan takaran bumbu pada resepnya (bawang Bombay, bisa tambahkan pula bawang merah dan bawang putih cincang halus yang ditumis) agar makin enak n_n

Ok, ini resepnya:

Sup Tomat Bola Ayam
By Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr   tomat merah, seduh dengan air panas.
1 ltr      kaldu ayam
5 sdm    saus tomat
5 bh      sosis ayam, iris tipis
100 gr   kacang polong

Bahan Bola Ayam:
250 gr   ayam giling
½ sdt    garam
¼ sdt    lada halus
1 ltr      air mendidih

Bumbu:
1 bh      bawang Bombay, iris tipis
5 bh      bawang putih, cincang halus
1 sdt     lada halus
1 sdt     garam
1 sdt     gula pasir
3 sdm    margarine
2 sdm    tepung maizena, cairkan dg sedikit air
 
Cara membuatnya:
  1. Bola ayam: campur dan aduk, ayam giling, lada halus dan garam, buat bulatan spt bola kecil, celupkan pada air yg sedang mendidih, biarkan matang dan mengapung. Angkat. Sisihkan.
  2. Blender tomat hingga halus, saring. Buang ampasnya. Sisihkan.
  3. Panaskan wajan dengan api sedang, lelehkan margarine, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga layu, tuangi kaldu. Didihkan, tuangkan air tomat dan saus tomat.
  4. Masukkan sosis ayam, bola ayam, dan bumbu lainnya, aduk rata, masukkan kacang polong, didihkan, tuangi cairan tepung maizena. Didihkan sekali lagi, angkat.
  5. Sajikan bersama Crouton (roti bawang yg diiris dadu).
  Selamat Mencoba n_n

No comments:

Post a Comment