Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Friday, April 13, 2012

Fruit Pie




Kalo ngomongin pie, jujur Aq lebih suka pie buah daripada pie apel, sempat beli pie apel di Bogor, rasanya kurang memuaskan, kulit pie-nya ga renyah, tekstur mirip nastar, tapi rasa memang ga bisa bohong, menurutq masih kurang 'ngena' lah.
Pie ini adalah pie pertamaq, Alhamdulillah sukses mengejutkan suami ketika pulang kerja, rasanya enaaak, pie crust-nya renyah, krenyes2 almondnya terasa, wangi butter, masyaAllah,,, sayangnya, cepet banget nih habisnya, ternyata 1 loyang masih kurang T_T
Kesulitanq hanya ketika memindahkan adonan pie yang sudah di giling ke dalam loyang pie, padahal sudah menggunakan bantuan rolling pin, adonan juga dingin, tapi tetep aja susah. Apalagi Aq berusaha agar adonan pie tsb tidak terlalu lama dan sering bersentuhan dengan tangan. Alhamdulillah akhirnya bisa walaupun kurang rapi, yang penting rasanya yaah.
Resepnya kulit pie menggunakan apple pie NCC (60 Resep Snack Manis & Gurih Antigagal), tapi sedikit kutambahkan takaran, kucampurkan dengan butter dan kumasukkan almond bubuk. Untuk isian vla-nya juga teteup sudah cucok dengan vla NCC n_n

Here's the recipe

Almond Fruit Pie
By Bu Fatmah Bahalwan Modified by Me

Bahan
Kulit: 
275 g tepung terigu protein sedang, misal segitiga
1/2 sdt garam
175 g margarin (Aq campur dengan mentega beku)
75 ml air es
3 sdm almond bubuk (Resep asli tidak pakai)

Vla:
500 ml susu cair
100 g gula pasir halus ( Aq pakai gula pasir biasa)
5 kuning telur
30 g maizena
1 sdm mentega
1 sdt ekstrak vanili

Topping
Strawberry segar iris tipis, kiwi, jeruk mandarin kaleng

Cara membuat:
 Kulit:
  • Campur menjadi 1 semua bahan, kecuali air es, aduk dengan pisau pastry atau 2 buah pisau, atau menggunakan jari-jari, hingga menjadi adonan berbutir-butir. Tuangi air es sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Bungkus dengan plastik, diamkan 15 menit di lemari es.
  • Gilas adonan hingga tipis, taruh diatas loyang pie yang telah diolesi margarin, rapikan, tusuk-tusuk dengan garpu bagian bawahnya. Sisihkan.
Vla:
  • Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu. Masukkan kuning telur, aduk rata, sisihkan.
  • Rebus susu dan gula hingga mendidih. Masukkan larutan tepung dan kuning telur, aduk cepat, biarkan hingga mendidih kembali. Angkat dan sishkan. Tambahkan mentega dan ekstrak vanili, aduk.
Penyelesaian:
  • Isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah segar, siram atau oles dengan agar-agar bening. Biarkan dingin
  • Hidangkan
Selamat Mencoba!! n_n

*Mohon maaf kalo hasil fotonya kurang sip, Aq kurang jago nih,,, padahal sudah menggunakan kamera terminator milik suamiq, tapi hasilnya teteup aja kurang memuaskan

    4 comments: