Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Tuesday, April 3, 2012

Dendeng Ragi


Yup, dalam keluarga suamiq di Situbondo, disebut dendeng ragi. Berbeda jika di keluargaq, dendeng ragi yang dimaksud adalah  serundeng daging. Biar nama beda, tapi rasa sama2 enak jo! n_n
Dendeng ragi ini adalah resep turun-temurun dari Ibu Mertua yang aseli Situbondo Jawa Timur. Beliau banyaaak memiliki resep keluarga, baik itu masakan ataupun kue2 tradisional  yang berbahan dasar sederhana, tapi enaaak n_n
Dulu Aq juga pernah upload foto dendeng ragi, tapi kuberi nama ‘Daging Balut Kelapa’, namun kali ini Aq tetap menggunakan nama ‘Dendeng Ragi’ saja.
Jujur, ketika dulu belajar membuat dendeng ragi ini, butuh beberapa kali untuk menemukan rasa yang pas di lidah. Wajar jika baru pertama kali belajar membuat suatu masakan, tapi rasanya masih  kurang pas. Pernah juga Aq membuat dendeng ragi ini tapi kelapa parutnya udah setengah basi, pernah pula kurang asin dan kurang manis, jadi jangan ragu menggunakan garam dan gula yah, karena ketika dicampurkan dengan kelapa, rasa asin manis agak berkurang
Biasanya Aq membeli daging ½ kg ketika membuat dendeng ragi ini, setelah dibumbui, Aq masukkan toples dan simpan dalam freezer, Alhamdulillah bisa awet hingga 4-5 hari. Ketika akan digoreng, beberapa jam sebelumnya, toples tersebut Aq letakkan di chiller, setelah daging tidak beku lagi, baru digoreng.
Oke, ini resepnya, menggunakan ilmu kira2 aja yah,,, resepnya simple, tapi jika sudah menemukan rasa yang pas, insyaAllah bisa bikin ketagihan dan masuk daftar menu deh n_n

Dendeng Ragi
By Marisa Tamara

Bahan:
500 gram daging sapi khas dalam, iris tipis, pukul hingga melebar
1 buah kelapa muda
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih (Aq pakai bawang putih kating)
5 buah cabai merah besar
3 buah cabai keriting (Skip aja kalau si kecil juga ikutan makan n_n)
3 buah kemiri
1 sdm ketumbar
2 ruas kunyit
2 butir telur
100 gram tepung beras
Garam gula secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
  1. Haluskan semua bahan kecuali daging, kelapa, telur dan tepung beras. Tes rasa, jika dirasa cukup, bisa langsung digunakan, jika dirasa kurang garam atau gula, tambahkan saja.
  2. Campur bumbu halus dengan kelapa hingga rata, pecahkan 2 butir telur, aduk rata, beri tepung beras hingga adonan tidak terlalu lembek.
  3. Ambil 1 buah daging, bungkus dengan kelapa berbumbu, tekan2 hingga agak tipis (jangan terlalu tebal, agar daging matang). Balut daging hingga tertutup kelapa, sisihkan. Lakukan hingga adonan habis. 
  4. Panaskan minyak dengan API SEDANG, goreng daging hingga matang dan kecoklatan, jangan terlalu sering dibalik, agar kelapa tidak terpisah banyak dari daging.  Sajikan dengan nasi hangat n_n
Selamat mencoba temansss!! n_n

2 comments:

  1. Salam kenal semua...


    Makan adalah urusan nomor satu, setiap hari manusia harus makan.

    Inilah peluang usaha yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha, termasuk Anda. Jika ingin mengembangkan sebuah usaha bisnis yang selalu dibutuhkan orang, maka kembangkanlah sebuah usaha Bisnis Kuliner.
    Bagi Anda yang saat ini sedang menekuni atau tertarik dengan Bisnis Kuliner terutama yang pengolahannya dengan dibakar / dipanggang, saya sarankan menggunakan Kompor Panggang Tanpa Asap.
    Kompor Panggang Tanpa Asap sangat berguna untuk membuat : Ayam Bakar, Ikan Bakar, Sosis Bakar, Bakso Bakar, Jagung Bakar, Iga Bakar, Sate dan lain-lain.
    Kompor Panggang Tanpa Asap juga sangat menguntungkan bagi Pengusaha Kuliner yang akan melebarkan sayap baik dengan membuka cabang maupun me-waralabakan usahanya.

    Info Kontak :
    HP : 0857 8092 6000, 0813 9324 6000, 0878 0288 6000
    Pin BB. : 32696186, 31EAB8FB

    Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi :
    http://www.usaha-nyata.com

    ReplyDelete
  2. Mbak aku tinggal di bondowoso,mbak di situbondo mana? Aku coba ya resepnya,terimakasih....

    ReplyDelete