Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Thursday, March 8, 2012

Steak Tenggiri Saus Putih

Aq membuat steak ini ketika menjelang maghrib, hujan2, alhasil fotonya kurang sip begini, dibantu lampu emergency pulak. Membuatnya sangat mudah, Aq membeli ikan tenggiri fresh di pasar, ukurannya tidak ada yang besaar, karena kesiangan belanja di pasar Depok Jaya. Bahan2 sudah kupersiapkan sehari sebelumnya n ikan tenggiri juga udah direndam bumbu cukup lama di kulkas.
Dari dulu ingin membuat steak ini, tapi belum sempat2, tergoda sekali membaca buku resep NCC n melihat web NCC. Cara membuatnya mudah sekali n bahan2nya juga ga mahal (haiyah teteup aja).
Ternyata rasanya enak, yah mirip ikan goreng lah haha, ya memang kan ikan digoreng, bedanya yaitu menggunakan saus putih n digorengnya diatas grill pan. Walaupun ga ngefek nih, garis2 tekstur grill pan-nya pada steakq >.<

Oke ini resepnya n_n

Steak Tenggiri Saus Putih
By Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan:
4 potong ikan tengiri
3 bh      bawang putih
1 sdm   ketumbar
1 sdm   garam
5 sdm   air
4 sdm   margarine

Bahan saus:
5 sdm   margarine
½ bh     bawang Bombay cincang
2 bh      bawang putih cincang
2 sdm   tepung terigu
200 ml  susu segar

Pelengkap:
French fries
Mixed vegetable

Cara membuatnya:
  1. Haluskan bawang putih, ketumbar dan garam, beri air. Lumuri ikan dengan bumbu halus ini, diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap.
  2. Menggunakan wajan steak, panaskan margarine, masukkan ikan, masak hingga berubah warna, balik dan biarkan hingga matang. Angkat, letakkan pada piring saji. Sisihkan kaldu ikannya.
  3. Buat saus putihnya: panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu, masukkan tepung terigu aduk rata, tuangi susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan kental, masukkan sisa kaldu ikan aduk rata. Biarkan mendidih. Angkat.
  4. Sajikan steak ikan dengan saus putih dan pelengkap kentang goreng dan mixed vegetable.

Tips Sukses Membuat Steak Ikan
By Ibu Fatmah Bahalwan
  • Pilih ikan segar, dari jenis yang tidak banyak duri, misal Tengiri atau Kakap.
  • Potong daging ikan melintang setebal 1 atau 2cm saja.
  • Rendam dalam bumbu selama minimal 15 menit, agar bumbu meresap benar.
  • Gunakan api sedang saat memasak, dan biarkan daging ikan berubah warna sebelum dibalik. Tanda ikan sudah matang, dagingnya berubah warna menjadi lebih putih.
  • Sajikan segera setelah matang. Ikan yang masih segar dan segera disajikan setelah masak akan terasa segar dan nikmat dimakan.
Jika tidak ada wajak steak bergaris, bisa saja pake wajan Teflon biasa. Wajan steak dipakai supaya ada motif garis-garis saja jadi serasa dipanggang pakai grill kawat


No comments:

Post a Comment