Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Tuesday, March 13, 2012

Carabikang


Beberapa waktu lalu, Aq membeli sebuah tabloid, didalamnya terdapat artikel mengenai carabikang terkenal di Surabaya, yaitu bikang Peneleh, Peneleh sendiri adalah nama sebuah jalan di Surabaya. Orang Surabaya, biasa menyebut 'carabikang' dengan 'bikang'. Ketika melihat foto2nya, MasyaAllah, bikangnya besar, adonannya terlihat sangat lembut, mengembang dan mekar sempurna. Sedih juga melihatnya, jadi makin kangen kota Surabayaq yang penuh dan banyaaak kuliner enak. Aq suka sekali jajanan pasar Surabaya, menurutq jauh lebih 'sedep', terasa 'asli', tekstur lembut, lebih segalanya deh. berbeda dengan jajanan pasar di Depok ataupun yang pernah kubeli di Jakarta. Mungkin karena bahan2 disini lebih mahal, sehingga banyak digunakan 'campuran' didalamnya.

Segera Aq membuka buku NCC yang memuat resep bikang, namun sayangnya percobaan pertama kurang sempurna, beberapa mekar, yang lain bantat. Ada yang lengket dengan wajan, ada yang sukses diangkat. Hmmm sepertinya ada yang salah dengan cara pembuatan yang kulakukan (Ohya, Aq pantang untuk menyalahkan resep loh!). 
Ada yang mengatakan, wajan jangan dioles minyak, di sisi lain ada yang mengatakan agar wajan dioles minyak sedikiiit saja, ada pula yang menggunakan telur dalam adonan, ada yang tidak, dan lain sebagainya, banyak variasi resep pembuatan bikang ini. 

Sebagian 'gembolan' hasil mudik ke Surabaya, termasuk membeli wajan apem yang kugunakan untuk membuat bikang ini
Sejujurnya, loyang yang kugunakan adalah loyang apem yang kubeli di Surabaya mudik terakhir tahun lalu. Loyangnya pun belum pernah kugunakan sebelumnya. Aq sempat berpikir, apa karena belum pernah digunakan itu sehingga adonan menjadi lengket sekali dengan wajannya ya? Akhirnya atas saran Nenekq yang merupakan 'koki handal' (karena beliau pernah mempunyai usaha katering n usaha makanan), beliau menyarankan agar wajanq tersebut dioles minyak dan dibiarkan lama. Oke,,, Aq mengikuti saran beliau n_n

Percobaan keduaq membuat bikang Alhamdulillah sukses, walaupun masih belum sempurna, namun jauh lebih baik daripada percobaan pertama. Aq menggunakan resep Bpk Budi sutomo. Namun, Aq tidak menepuk-nepuk adonan, Aq menggunakan mixer berkecepatan sedang. Takaran gula juga kutambahkan, karena menurutq masih kurang manis (Namun kembalikan pada selera masing2 yah).

Ohya, ini fotonya tidak terlalu banyak edit, hasil belajar kilat dengan suami, walaupun sampai sekarang masih belum ngerti dengan fitur kamera keramat huhu (orang Suroboyo bilang 'ndak mudheng'), toh sebetulnya memotret kue atau makanan jauuuh lebih mudah ketimbang obyek lain (pemandangan, kendaraan dll), jadi Aq akan 'menaklukkan' kamera ini supaya 'tunduk' kepadaq, huahahahuaha (gaya buto ijo ketawanya)

Oke, ini resepnya:

Carabikang
By Bpk Budi Sutomo

Bahan:350 gr tepung beras
2 sdm tepung terigu
850 ml santan kental dari 1 1/2 butir kelapa
150 g gula pasir
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt pasta pandan/pewarna hijau
1/2 sdt pasta cokelat/pewarna cokelat
minyak goreng untuk olesan

Cara Membuat:1. Larutkan 3 sdm tepung beras dengan 200 ml santan. didihkan sambil diaduk hingga mendidih dan mengental. Angkat.
2. Masukkan gula, garam, tepung terigu dan sisa tepung beras ke dalam rebusan tepung. Aduk rata.
3. Uleni sambil dituangi sisa santan sedikit demi sedikit. Tepuk-tepuk adonan dengan telapak tangan selama 40 menit atau hingga adonan terasa ringan. Diamkan selama 1 jam.
4. Ambil sedikit adonan, tempatkan di dua mangkuk berbeda, tambahkan pasta pandan dan pasta cokelat. Aduk rata.
5. Panaskan cetakan carabikang, olesi sedikit miyak. Tuang adonan hingga setengah dari tinggi cetakan. Beri motif dengan adonan berwarna hijau atau cokelat di atasnya. Panggang tanpa ditutup hingga matang.
6. Cungkil bagian sisinya hingga kue merekah, angkat. Hidangkan hangat.
Untuk 20 buah
Tip:
Untuk variasir rasa kue cara bikang bisa disajikan hangat dengan parutan keju atau susu kental manis. 


Jangan pernah menyerah mencoba yah temans dan pantang menyalahkan resep, ok!!! Semangkaaaa!! n___n

No comments:

Post a Comment