Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Friday, February 10, 2012

PR LBT #10 Sweet Bread ---> Bienenstich


PR LBT#10 SWEET BREAD
ID 165 MARISA TAMARA

Alhamdulillah akhirnya bisa menyetorkan PR LBT#10 ini, sempat khawatir ga bakalan sempat karena Aq mudik ke Sby n Situbondo lbh awal karena Mama meninggal. Bahkan Aq udah ijin ke Mba2 host kalo Aq bakalan telat ngumpulin PR. Alhamdulillah akhirnya sempat juga walaupun ini kali pertama Aq membuat PR pas sekali dg tanggal setor upload foto n_n
 
Kali ini Aq membuat Bienenstich yg resepnya kudapatkan dari buku ‘Roti, Teori dan Resep Internasional’ Manired Lange dan Bogasari Baking Center. Bienenstich adalah roti khas Jerman yg berisikan krim, beroleskan topping madu, almond. Pembuatannya sendiri sangat mudah, hanya saja Aq tdk lihai dalam hal menguleni menggunakan tangan n_n namun, soal rasa Alhamdulillah enaaaak sekali, empuk, wangi aroma lemon, crunchy dari irisan lemon. Suami dan Nenekq suka sekali dengan roti ini.

Adonan rotinya kutambahkan gula lbh banyak, mengenai takaran tepung, sesuaikan dengan adonan yah teman2, karena ketika Aq menggunakan takaran resep ini, ketika pengulenan, Aq merasa jumlah tepungnya kurang banyak. kemudian Aq tdk menggunakan krim, sayang kalo harus membuka whipped cream kemasan tetra pak yg cuma dipakai 20 ml syaja, Oh No n_n jadilah kuganti dg susu cair. Aq jg tdk menggunakan glukosa n_n Sempat kaget bgd pas lihat adonannya mengembang, apalagi pas masuk ke oven, jadi makin gagah perkasa mengembangnya n_n

Untuk cara membuat, yg tertulis dalam buku menggunakan mixer, namun karena Aq menguleni dengan tangan, jadilah cara membuatnya Aq sesuaikan dengan cara membuat n bahasaq n_n.

Ok, ga perlu banyak kata lagi, karena Aq dikejar segudang aktivitas hari ini, mengurus anakq, masak n jadwal ke Jakarta Eye Center siang ini, hihi.

Here’s the recipe:

BENENSTICH

Bahan:

- 400 gr tepung terigu protein tinggi
- 100 gr tepung terigu serba guna (Aq menggunakan lebih karena disesuaikan dengan adonan)
- 10 gr ragi instant (Aq menggunakan 1 bungkus, 11 gr)
- Bread improver secukupnya (resep asli tdk pakai)
- 20 gr gula pasir (Aq menggunakan 100 gr, manisnya pas)
- 5 gr garam
- 2 gr kulit jeruk lemon parut (Aq menggunakan 1 buah lemon ukuran sedang)
- 1 butir telur
- 250 ml susu cair
- 1-2 gr essens vanili
- 20 gr margarine

Olesan:
- 150 gr gula pasir
- 150 gr margarine
- 15 gr glukosa (Aq tdk pakai)
- 35 ml madu
- 20 ml krim
- 150 gram almond iris

Taburan:
- Gula Bubuk

Cara membuat:
1. Adonan roti: campur tepung, ragi, gula, kulit jeruk, susu, telur dan essens vanili, aduk rata dan uleni hingga kalis, lalu tambahkan garam dan margarine aduk rata, uleni terus hingga kalis. Istirahatkan adonan dalam wadah dan tutup dengan lap kain basah, diamkan hingga mengembang
2. Olesan: Campur semua bahan dalam panic saus, kecuali almond iris. Masak diatas apai kecil sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan almond iris, aduk hingga rata, angkat dari api dan sisihkan.
3. Ambil adonan roti dan bentuk sesuai selera, letakkan diatas Loyang yg sudah dioles margarine tipis2. Oleskan bahan olesan, panggang dalam oven hingga matang lalu taburkan gula bubuk diatas roti.


NB: Maaf garnish-na syilalu Mr n Mrs Strawberry, habiz g ada ide brilian lain T_T

No comments:

Post a Comment