Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Wednesday, August 19, 2015

Kepiting Saus Padang



Kepiting ini saya dapat dari suami yang pulang dinas dari Papua, seperti yang pernah saya posting sebelum-sebelumnya. Nah, sesekali saya ingin mencoba varian resep kepiting yang lain, karena saya baru mengolah kepiting menjadi menu kare kepiting (ini sering banget) dan chili crab (tapi kalau saya amati, resepnya agak mirip saus padang ini, hanya lebih lengkap resep saus padang untuk bumbunya). 
Saya banyak googling, sampai akhirnya memutuskan menggunakan resep di bawah ini..Terima kasih banyak pada penulis resep Catur Guna Yuyun Ang, resepnya maknyusss :)

Ohya seperti biasa, untuk takaran bumbunya, saya gunakan dalam jumlah banyak, saya sesuaikan dengan jumlah kepiting yang saya masak.. Berikut resepnya saya c/p kan ya:

Kepiting Saus Padang

Bahan :
2 ekor kepiting telur/jantan (bisa juga rajungan)
2 sdm saus tiram (Lee Kum Kee)
2 sdm saus tomat, siap pakai
3 sdm saos sambal, siap pakai
150 ml air (kaldu seafood) – aku sih pake bekas rebusan kepiting
1 sdt merica bubuk
½ sdt garam
½ sdt kaldu ayam bubuk
1 batang daun bawang, iris serong tipis
1 sdt gula pasir
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
1 ltr air untuk merebus
5 sdm minyak goreng
1 buah telur yang telah dikocok
Bumbu yang dihaluskan :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe rawit merah, tumis sampai layu --> Mama bolo-bolo cabe nya tidak ditumis :D
2 cm jahe
1 ruas kunyit, bakar
3 buah kemiri, sangrai
10 cabe keriting / 2 sdm cabe merah giling
Cara membuat :
1. Bersihkan kepiting. Siapkan panci lalu rebus kepiting hingga matang dan berubah warna menjadi oranye, angkat. Belah sesuai sisi.
2. Siapkan wajan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama bawang bombay, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.
3. Masukkan kepiting dan sisa semua bahan termasuk kocokan telur, aduk rata. Masak hingga bumbu menyerap dan kuah mengental. Angkat
Selamat mencoba, salam mama bolo-bolo! 

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    ReplyDelete