Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Friday, April 18, 2014

Donat Labu





Sejujurnya donat labu ini terinspirasi dari mb Ricke temans, ngiler banget lihat donat labunya mb Ricke yang endut-endut, gemesin bin ginuk-ginuk huaaa. Pengen banget lihat bagaimana beliau membuat donat, karena bisa bagus banget hasilnya. Beda dengan donat-donat yang saya buat hehe, tapi tak apa-apa, saya jadi pengen belajar terus. Pengen bisa menyajikan donat yang tidak hanya enak, tapi juga cantik dan meraksasa, sehingga menggoda Uncle Hendra dan Baniemoon 

Ohya karena tepung saya masih ada 500 gr, jadi saya tidak menyontek resep mb Ricke temans, nanggung, karena di resep beliau tepung terigunya 350 gr. Saya menggunakan resep NCC, cuma sesuaikan saja dengan kebutuhan. Untuk takaran gulanya, dari pengalaman saya membuat donat labu dan donat ubi, jika menggunakan resep ini, masih kurang manis, saya sampai heran, padahal labu dan ubi yang saya gunakan manis.. Akhirnya saya tambahkan temans (bisa diblender sekalian dengan labu/ubi) dan juga dicampur dengan bahan kering. Sesuaikan dengan selera yah temans..

DONAT LABU

Bahan:
500 gr   tepung terigu protein tinggi dan sedang
11 gr     ragi instant
200 gr   labu kuning, kukus, haluskan (saya pakai chopper)
100 gr   gula pasir
75 gr     mentega
½ sdt    garam
4 btr      kuning telur
100 ml   susu dingin

Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan labu kuning halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2.  Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  3.  Bagi adonan, masing-masing 30-40 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4.  Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5.  Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

Ohya, berikut saya c/p lagi tips membuat donat kentang oleh Bu Fatmah Bahalwan yang bisa juga diterapkan untuk donat labu/ubi/dll:
  • Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun.  
  • Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis.  
  • Haluskan kentang sampai benar-benar halus, kalau perlu pake blender, supaya adonan bisa licin dan gak gradakan :)  
  • Setelah Halus Dinginkan kentang sebelum dibuat Donat.  Terus kalau tidak dalam keadaan dingiiiinnn...waaa.., raginya langsung mati jeh. 
  • Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah. -Istirahatkan adonan lk. 20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik spy permukaannya tidak kering.   
  • Lubangi bagian tengahnya, goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam).   
  • Menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar 
  • Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan.(fb)

No comments:

Post a Comment