Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Friday, February 21, 2014

DonaTelo


Donat lagi.. donat lagi.. Saya lumayan sering membuat donat nih temans, karena sejak dulu, Baniemoon suka banget makan donat, sekali lahap yang saya amatin bisa 3-5 biji.. Walaupun bentuk donatnya acakadut (sak karepe tangane mama) tapi Banie tetap suka lho. Kalau dibuat bekal sekolah, Banie sampai cerita ke bu guru kalau mama yang membuat donat.. Mamak mana yang tidak syenang?

Resepnya masih seperti biasa, menggunakan resep donat kentang NCC temans, takaran gulanya bisa ditambah, agar lebih manis. Ubi/telo yang saya gunakan adalah ubi merah.. Rasanya sudah manis, tapi ternyata masih kurang manis sedikit. Jadi next time kalo membuat donat lagi, takaran gula akan saya tambah lagi, hehe.  Ohya mohon maaf,  foto saya kurang sip, kurang cahaya dan saya malas nih, selain karena mendung, sudah buru-buru jepret saja, karena ada Jeng hanah yang suka nyemprit kalo mama kelamaan beraktivitas

DONATELO (DONAT TELO aka DONAT UBI)


Bahan:
500 gr   tepung terigu protein tinggi
50 gr     susu bubuk --> seingat saya, saya tidak pakai
11 gr     ragi instant
200 gr  Ubi merah, kukus, haluskan dengan chopper
100 gr   gula psir
75 gr     mentega
½ sdt    garam
4 btr      kuning telur
100 ml   air dingin --> seingat saya, saya pakai susu cair dingin

Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan ubi merah halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2.  Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  3.  Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4.  Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5.  Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

Ohya, ini saya c/p tips membuat donat kentang oleh Bu Fatmah Bahalwan yang bisa diterapkan pula untuk donat ubi/labu/dll :
  • Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun.  
  • Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis.  
  • Haluskan kentang sampai benar-benar halus, kalau perlu pake blender, supaya adonan bisa licin dan gak gradakan :)  
  • Setelah Halus Dinginkan kentang sebelum dibuat Donat.  Terus kalau tidak dalam keadaan dingiiiinnn...waaa.., raginya langsung mati jeh. 
  • Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah. -Istirahatkan adonan lk. 20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik spy permukaannya tidak kering.   
  • Lubangi bagian tengahnya, goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam).   
  • Menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar 
  • Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan.(fb)




No comments:

Post a Comment