Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Wednesday, October 23, 2013

Ayam Bakar Klaten


Saya suka sekali ayam, entah berapa kali dalam sebulan saya memasak ayam :D karena itulah, saya  harus bisa menemukan resep-resep lain yg belum pernah saya coba nih, supaya ga bosan. Akhirnya saya putuskan mencoba ayam bakar klaten ini, rasanya enak, tapi menurut saya masih lebih 'nampol' ayam bakar bumbu rujak, karena ada pedas-pedasnya.. Jadi, saran saya, lebih baik jika membuat menu ini, temans juga membuat sambal yang pedasss ya..

Saya mencontek resep Mba Astri Nugraha, karena cukup simpel, tapi walaupun simpel, takaran bumbu yang saya gunakan selalu saya lebihkan buanyaaak. Saya memasaknya dengan api kecil hingga ayam matang dan empuk. Untuk proses akhir, terserah temans jika ingin dipanggang dalam oven, di atas wajan teflon atau api yang membara (o em ji)
Temans juga bisa mencontek resep yang terdapat di web sajian sedap, disitu lebih lengkap bumbu-bumbunya.. 
Karena saya bukan asli jateng, jadi saya tidak tahu bagaimana bumbu ayam bakar klaten yang sebenarnya nih, mohon maklum jika kurang sana dan sini, monggo temans menambahkan sendiri ya.. 

Mohon maaf jika style fotonya begitu-begitu terus, sudah ndak kober (sempat) menata cantik hehe

Ayam Bakar Klaten
Source By Astri Nugraha

Bahan - Bahan :
1 ekor ayam --> Saya pakai 2 ekor
4 lembar daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
20 gr asam jawa, larutkan dan remas-remas dalam 3sdm air panas, ambil airnya
500 ml santan

Bumbu yang dihaluskan:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
5 butir kemiri
1/2 sdt merica bubuk --> saya pakai 2 bungkus ladaku :D
1 ruas kunyit
1 ruas lengkuas, keprek
50 gr gula merah (gula jawa), sisir halus
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
Cara Membuat:
  1. Tumis bumbu halus beserta serai dan daun salam sampai harum
  2.  Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
  3. Masukkan air asam, aduk rata
  4. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk agar santan tidak pecah
  5. Masak hingga kuah santan mengental, angkat ayam
  6. Bakar ayam sambil diolesi bumbu hingga matang

No comments:

Post a Comment