Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Saturday, February 23, 2013

PR LBT#22 HOMEMADE PUFF PASTRY



PR LBT#22 HOMEMADE PUFF PASTRY ---> BEEF CHEESE ROLLS
ID 165 MARISA TAMARA

Alhamdulillah selesai sudah PR LBTku ini, awalnya ini adalah PR yang paling menantang dan sejujurnya tidak terlalu kutunggu2 :D Tetapi ternyata pembuatannya lumayan simpel dan membuatku jadi semangat. Tetapi, memang membutuhkan waktu khusus, karena adonan puff pastry-nya harus di gilas, diistirahatkan, dilipat dengan teknik khusus, harus sabar menanti karena ke-3 hal tadi harus diulang beberapa kali. 

Ketika berdiskusi dengan keluarga di rumah, Uncle Hendra ingin isian coklat, Baniemoon menunjuk foto apricot flan yang menarik sekali penampilannya, tetapi kuputuskan membuat beef cheese rolls saja, karena simpel isiannya :D Sempat khawatir juga puff pastry pertamaku ini gagal mengembang, Alhamdulillah ternyata sukses, rasanya enak, lembut nan crunchy, wanginya harum, yang jelas lebih enak homemade puff pastry daripada frozen puff pastry. Bentuk puff pastry yang kubuat memang belum rapi, tapi justru itu membuktikan kalo Aku membuat sendiri dan yang penting semua puas, Alhamdulillah.  Jadi ketagihan ingin membuat lagi nih n_n

Resepnya, kucontek dari Buku seri memasak Femina Primarasa: Pie dan Pastry. Nama aslinya bukan Beef Cheese Rolls, tetapi Sausage Rolls. Kenapa kuganti? Menurutku lebih pantas diberi nama Beef Cheese Rolls karena menggunakan adonan daging cincang berbumbu, bukan sosis kemasan dan kutambahkan keju juga. Untuk cara membuatnya, Aku meniru dari video yang kulihat di you tube yang prosesnya memang lebih lama daripada buku resep. 

Langsung saja Aku ketikkan resepnya (fiuuuh):


PUFF PASTRY 
Bahan:
125ml air es
1/2 sdt garam
1/2 sdt air jeruk lemon
250gr tepung terigu protein sedang
50gr mentega tawar (unsalted butter)
150gr pastry margarine
Tepung terigu untuk taburan

Cara membuat: 
  1.  Campur air es, garam dan air jeruk lemon, aduk rata, sisihkan. Campur tepung terigu dan mentega, masukkan campuran air es sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga menjadi adonan yang lembut, bulatkan, taruh dalam mangkuk. Tutup dengan plastik lengket, simpan dalam lemari es kurleb 30menit.
  2. Taruh pastry margarine diantara dua lembar plastik, gilas hingga pipih berbentuk lembaran berukuran 10x20 cm, simpan dalam freezer selama 15menit --> aku menyimpan adonan di chiller
  3. Taburi meja marmer dengan sedikit tepung, keluarkan adonan dari lemari es, gilas menjadi lembaran berukuran 15x30 cm. Taruh lembaran pastry margarine di atas 2/3 bagian adonan berjarak 1 cm dari tepi.
  4. Lakukan lipatan tunggal
  5. Gilas adonan tepat dari tengah ke arah lipatan yang terbuka dengan hati-hati menjadi lembaran berukuran 20x60cm
  6. Lakukan lipatan ganda
  7. Taruh lembaran dalam nampan, tutup dengan plastik lengket, simpan dalam lemari es selama 30menit. Keluarkan lembaran dari lemari es, lalu ulangi membuat lipatan ganda sebanyak 2 kali (langkah 5 dan 6)
BEEF CHEESE ROLLS
Bahan:
1 resep adonan dasar puff pastry
1 kuning telur untuk olesan
Isi:
350gr daging cincang berlemak
2 sdm tepung roti putih kasar
2 butir telur, kocok (Aku tidak pakai, kelupaan T_T)
Keju cheddar lembaran secukupnya, potong memanjang (resep asli tidak pakai)
50gr bawang merah, cincang
100gr bw bombay cincang (resep asli tidak pakai)
11/2 sdm krim kental (Aku ganti susu bubuk dilarutkan air sedikit)
1 sdt garam
3/4 sdt merica bubuk
1 sdt pala bubuk (Aku tidak pakai)


Cara Membuat:
  1. Panaskan oven suhu 200 derajat celcius. Siapkan loyang datar, perciki dengan air. Gilas puff pastry menjadi lembaran berukuran 30x50 cm setebal 3 mm, lalu potong menjadi 4 lembaran bentuk persegi panjang ukuran 15x25 cm.
  2. Isi: Campur semua bahan isi hingga rata, lalu bagi menjadi 4 bagian, masukkan ke dalam kantong plastik segitiga, gunting ujungnya 2 cm.
  3. Bentangkan 1 bagian adonan puff pastry di atas meja, semprotkan 1 bagian adonan isi di salah satu sisi panjang adonan, tata memanjang keju cheddar lembaran di atas adonan isi, lalu gulung sambil dipadatkan, sisakan 2-3 cm adonan yang tidak tergulung. Olesi bagian ini dengan kuning telur, teruskan menggulung hingga rapat, taruh bagian yang terbuka menghadap ke bawah. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan.
  4. Potong setiap gulungan menjadi 3 bagian @ kurleb 8 cm, taruh di atas loyang, olesi permukaannya dengan kuning telur.
  5. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang selama 25 menit hingga mengembang dan matang, angkat. Keluarkan dari oven, biarkan hingga agak dingin, lepaskan dari loyang, sajikan.
Selamat mencoba! n_n

1 comment:

  1. mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    ReplyDelete