Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Tuesday, June 12, 2012

Nasi Kebuli


Berawal dari nasi kebuli bikinan tetanggaq yang dikirim ke rumahq, enak dan menggunakan daging sapi, membuatq terinspirasi untuk bisa membuat juga. Setelah bertanya, ternyata beliau menggunakan bumbu khusus dari Arab dan tambahan bumbu2 rempah. Walaupun menggunakan daging sapi, namun harum aroma dan rasanya mendekati nasi kebuli yang menggunakan daging kambing n_n sayang, di Depok Aq belum menemukan bumbunya, tapi tidak lantas membuatq pesimis untuk membuat dunks.
Setelah googling, akhirnya Aq putuskan menggunakan resep NCC saja, namun takaran bumbunya Aq tambahkan agak banyak temans. Alhamdulillah walaupun tidak menggunakan daging kambing dan tambahan bumbu khusus kebuli, tapi rasanya enak, semua yang mencoba pun suka. Aq menyebutnya nasi rempah, karena aroma kebulinya tipis hihi. Namun, jika membuat lagi, kismis tidak akan kucampurkan dengan nasi panasnya, karena jika terlalu lama dipanaskan, kismis akan 'mencemari' nasinya, jadi ada rasa asam. Ohya, ketika membuat nasi kebuli ini, Aq tidak menggunakan minyak samin, udah keburu ingin cepat membuat >.< ternyata di pasar Depok jaya ada juga yg kemasan per ons.

Nasi Kebuli 
by Fatmah Bahalwan

Bahan :

500 gr beras
600 ml air panas (bisa dipakai kaldu kambing, atau kaldu gulai kambing)
2 sdm minyak samin/margarin
1/8 sdt pala bubuk
4 bh kapulaga
4 btr cengkeh
1 ruas kayu manis
2 btg sereh, memarkan
100 gr kismis/kurma potong dadu

Bumbu halus : 
4 btr bawang merah
3 btr bawang putih
1 sdt ketumbar
½ sdt lada
½ sdt jintan putih
1 ruas jahe
1 sdm garam

Cara membuat :

Panaskan minyak samin, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan beras, aduk rata hingga beras hangat, tuangi air panas aduk, masukkan bumbu rempah, dan kismis aduk rata. Kecilkan api dan biarkan hingga air terserap dan beras menjadi aron. Kukus selama 20 menit, hingga matang. Angkat sajikan.

Selamat mencoba! n__n

No comments:

Post a Comment