Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Tuesday, February 28, 2012

PR LBT#12 1st ANNIVERSARY LBT ---> Croquembouche


PR LBT#12 1st ANNIVERSARY LBT
ID 165 MARISA TAMARA

Alhamdulillah akhirnya hari yang ditunggu2 tiba juga. Walaaupun sempat malu karena teman2 yang sudah upload foto, hasilnya bikin takjub!
Ketika menerima tema PR kali ini, sempat bingung, karena Aq kira disuruh bikin bday cake, tapi ternyata cukup membuat aneka cake/bread/apa aja yang dipanggang lalu dihias dengan tema anniversary LBT. Sejujurnya dalam keluarga kecilq, tidak mengenal istilah bday, jadi Aq hias aja sedikit meriah seperti tema PR kali ini n_n
Karena sedang repot dan minim pengalaman bermain dengan butter cream, akhirnya kuputuskan membuat Croquembouche saja, karena praktis dan cepat n_n resep choux-nya menggunakan resep NCC (60 resep snack manis dan gurih anti gagal), begitu juga dengan vla-nya. Tapi penggunaan telur sedikit Aq kurangi, karena Aq rasa adonan sudah cukup telur, supaya ketika di spuit diatas Loyang, choux-nya kokoh dan tidak melebar. Untuk vlanya, takaran gula juga kutambahkan sedikit, supaya pas dengan lidahq.

CROQUEMBOUCHE

Bahan:

Kulit Sus / choux:
225 ml air
100 gram margarine
1 sdm gula pasir
125 gram tepung terigu protein tinggi, missal cakra
4 butir telur (Aq menggunakan 2 butir telur utuh dan 2 kuning telur utuh)

Vla:
700 ml susu cair
150 gram gula pasir (Sesuaikan dengan selera, kalo Aq masih kurang manis)
50 gram tepung maizena
¼ sdt garam
2 kuning telur
1 sdm mentega

Cara membuat:
1. Kulit: rebus air, margarine, dan gula hingga mendidih
2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis. Angkat, dinginkan.
3. Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan mikser hingga kental dan rata. Semprotkan adonan di atas Loyang kue kering yang sudah diolesi margarine, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan suhu tinggi 200 derajat Celsius, hingga mengembang, kokoh dan tidak ada lagi buih-buih margarine di permukaannya. Angkat dan sisihkan.
4. Larutkan tepung maizena dengan sebagian susu, sisihkan. Kocok sebentar kuning telur, larutkan dengan sedikit susu, satukan dengan tepung maizena, sisihkan
5. Rebus sisa susu dan gula hingga mendidih, tuang campuran tepung maizena, didihkan sekali lagi hingga meletup-letup dan matang. Angkat. Tambahkan mentega, aduk rata.
6. Lubangi atau gunting sedikit kulit sus
7. Masukkan vla ke dalam plastic segitiga, isikan pada kulit sus

Caramel:
Masak gula secukupnya diatas wajan, aduk hingga larut.

Penyelesaian:
Susun sus/choux hingga membentuk gunung tinggi menjulang, lalu siram mulai bagian atas dengan caramel, lakukan terus menerus sambil arahkan sendok mengelilingi choux hingga caramel membentuk tali caramel kaku.

No comments:

Post a Comment